> LOGIN
USERNAME
PASSWORD
Ikan Koi (Cyprinus carpio L)

Pondok Air
Pondok Air
Menyediakan berbagai jenis ikan     hias, lobster, pakan, obat & aksesoris
Melayani pembelian partai dan eceran. Harga kompetitif
Dapat mengirim ke seluruh Indonesia
HOME  |  CO NTACT  |  SITEMAP
Copyright 2010 by "Pondok Air.com"    All Rights reserved    E-Mail: info@pondokair.com
Koi (Cyprinus carpio L) berasal dari ikan mas atau karper. Ikan ini adalah ikan nasional negara jepang (Kokugyo). Jika pada awal mulanya hanya satu warna, kemudian menyusul penemuan koi dua dan tiga warna. Adapun koi-koi cantik yang mulai dikenal adalah Showa Sanke (merah, putih dan hitam). Selain itu muncul juga koi dengan corak lain seperti Kinrin (sisik emas), Ginrin (sisik perak), dan Ogon (emas).
Melalui suatu pembudidayaan selama bertahun-tahun, akhirnya diperoleh strain yang berwarna merah atau biru cerah. Itulah yang menjadi titik awal yang menyemangati mereka untuk kemudian mencoba-coba menghasilkan strain-strain yang lebih indah. Akhirnya pada tahun 1870 didapatkan-lah Kohaku (merah dan putih), menyusul pada tahun 1910 Shiroutsiiri (putih dan hitam) dan Kinutsuri (kuning dan hitam), garis keturunan mulai tampak dan merupakan suatu yang tidak bisa dipungkiri.

Pemeliharaan koi dilakukan di kolam semen, kolam tanah, atau kolam taman. Hal ini karena keindahan koi terletak pada bagian punggungnya. Pemeliharaan koi di aquarium tidak dianjurkan karena koi memerlukan areal berenang yang cukup luas dan dalam.
Kolam koi harus dilengkapi dengan saluran pembuangan (drainese) di bagian bawah kolam. Di bagian atas kolam juga di pasang pipa untuk menyalurkan air bersih yang sudah diendapkan. Selain itu kolam koi juga dilengkapi dengan filter empat lapis yang dapat bekerja secara mekanis. Filter pertama berupa kerikil, pasir, dan ijuk yang berfungsi menyaring sampah dan lumpur yang mengotori kolam. Filter kedua berupa karbon ziolit yang berfungsi menghilangkan racun, bau tidak sedap, dan membunuh bibit penyakit. Filter ketiga berupa pestisida yang tidak mematikan bakteri pengurai yang berfungsi mengikat bakteri pengurai berperan dalam proses penjernihan air kolam. Filter keempat berupa tanaman atau bebatuan yang dapat mengikat berbagai kotoran.

Ikan koi merupakan omnivora, makan berbagai makanan baik itu hewan atau tumbuhan. Biasanya makanan koi adalah pellet yang mengandung gizi yang seimbang untuk menjaga kualitas warna dan kesehatan koi.
Sentra Ikan Hias dan Lobster
Mencari Artikel
Search >  
> Selayang Pandang Pondok Air
(Sentra Ikan Hias dan Lobster)
Untuk melengkapi kebutuhan berbagai ikan hias,  lobster,  pakan, obat-obatan dan segala perlengkapan akuarium, baik untuk para penghobi maupun pedagang, Kami hadir di kota Jakarta Barat.
selengkapnya....
> Artikel
Koi
Komet
Guppy
Discus
Blackghost
Manfish
Corydoras
Neon Tetra
Lobster
Arapaima
Palmas
Botia
Jenis-jenis ikan Koi