> LOGIN
USERNAME
PASSWORD
Ikan Discus (Symphysodon Discus)

Pondok Air
Pondok Air
Menyediakan berbagai jenis ikan     hias, lobster, pakan, obat & aksesoris
Melayani pembelian partai dan eceran. Harga kompetitif
Dapat mengirim ke seluruh Indonesia
HOME  |  CO NTACT  |  SITEMAP
Copyright 2010 by "Pondok Air.com"    All Rights reserved    E-Mail: info@pondokair.com
Diskus (Symphysodon discus) berasal dari perairan tenang Sungai Amazon. Sifatnya omnivora. Gerakannya sangat halus. Ikan ini pun terkenal sebagai "King of Aquarium".  Sebutan Discus bagi ikan ini mengacu pada bentuk tubuhnya yang menyerupai lempengan piring (disk) yang berdiri tegak. Discus termasuk dalam famili Cichlidae, dan tergolong dalam genus Symphysodon. Symphysodon berarti "memiliki gigi pada bagian tengah rahang".
Ada empat spesies diskus yang dibudidayakan walaupun semuanya disebut sebagai diskus, yaitu Heckel Discus (Symphysodon discus), Brown Discus (Symphysodon aequifasciata axetrodi), Green Discus (Symphysodon aequifasciata aequifasciata), dan Blue Discus (Symphysodon aequifasciata haroldi). Oleh karena penggemarnya sangat banyak, kreativitas peternak dan hobiis sangat diperlukan untuk memunculkan varietas baru yang lebih bagus. Hingga saat ini ada banyak varietas diskus, di antaranya ialah Red Pigeon, Marlboro, Brown Discus, dan Cobalt.

Suhu yang baik untuk pemeliharaan diskus berkisar 25-30 C. Sementara kisaran kualitas air seperti keasaman (pH) cukup lebar sekitar 5-6,5 dan kekerasan air lunak antara 3-5 dH.
Pakan berupa pakan alami seperti cacing darah dan jentik nyamuk serta pakan buatan (pelet) khusus untuk diskus yang banyak dijual di pasaran.

Diawal sejarah pembudidayaannya, pengembangbiakan Discus pada awalnya mengacu pada Angel Fish (P. scalare) karena kesamaan dan dekatnya hubungan kedua ikan tersebut, yaitu dengan cara memindahkan telur, menetaskan mereka dalam tempat terpisah kemudian membesarkan burayaknya. Akan tetapi asumsi ini tidak berlaku. karena Discus ternyata diketahui memiliki cara perkembanganbiakkan yang khusus. Pembudidayaan Discus baru "berhasil" pada akhir tahun 1950-an yaitu pada "jaman" Jack Wattley di Amerika dan Eduard Schmidt-Focke di Jerman yang merintis usaha awal pembudidayaan ikan ini.
Sentra Ikan Hias dan Lobster
Mencari Artikel
Search >  
> Selayang Pandang Pondok Air
(Sentra Ikan Hias dan Lobster)
Untuk melengkapi kebutuhan berbagai ikan hias,  lobster,  pakan, obat-obatan dan segala perlengkapan akuarium, baik untuk para penghobi maupun pedagang, Kami hadir di kota Jakarta Barat.
selengkapnya....
> Artikel
Koi
Komet
Guppy
Discus
Blackghost
Manfish
Corydoras
Neon Tetra
Lobster
Arapaima
Palmas
Botia
Jenis-jenis ikan Discus